:)

:)
WELCOME TO MY BLOG :) HAPPY READING :) I HOPE USEFUL FOR YOU !!! AND PLEASE LEAVE A COMMENT :)

Kamis, 12 April 2012

Tangan Kanan dan Tangan Kiri Bank Saling Berjabat Tangan


         Fungsi Bank seperti kedua tangan yaitu tangan kanan dan tangan kiri. Dimana dapat diartikan tangan kanan digunakan untuk menerima dana atau source of fund dan tangan kiri sebagai pengeluaran dana atau use of fund. Jadi dapat dikatakan fungsi bank dapat sebagai debitur juga kreditur yang dengan kata lain adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat untuk berbagai tujuan. Bank tidak akan menghimpun dana dan menyalurkan dana jika tidak ada kepercayaan tinggi yang berasal dari masyarakat. Karena jika tidak ada kepercayaan maka akan menyebabkan tangan kanan dan tangan kiri bank tidak akan bekerja. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh tinggi rendahnya pendapatan masyarakat dan tinggi rendahnya suku bunga bank.

              Tangan kanan bank yang berfungsi untuk menerima dana atau source of fund bersumber dari masyarakat yang dikumpulkan melalui kegiatan yang dilakukan bank seperti simpanan giro, tabungan, deposito dari masyarakat, dan modal bank tersebut. Simpanan giro adalah dana yang ditabung oleh masyarakat kepada bank dalam bentuk giro yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek dan bilyet giro. Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan dengan syarat tertentu yang telah disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan alat lainnya. Penarikan dapat dilakukan dengan datang ke bank tersebut dengan membawa buku tabungan, tetapi di zaman modern ini kita tidak perlu bersusah payah untuk melakukan penarikan dengan datang ke bank dan mengantri karena sekarang semua itu sudah dapat dilakukan dengan hanya menggunakan kartu atm, internet banking, mobile banking, dan yang lainnya. Sedangkan deposito adalah jenis tabungan yang memiliki jangka waktu penarikan. Dalam kata lain, masyarakat yang memiliki tabungan dengan jenis deposito tidak dapat menarik uangnya sampai tanggal jatuh tempo tertentu yang sesuai dengan kesepakatan. Bunga deposito biasanya lebih tinggi dari pada bunga tabungan biasa karena deposito ditarik dengan menggunakan tanggal jatuh tempo tidak secara kapan saja.

              Jika dilihat dari tangan kiri bank yang berfungsi sebagai pengeluaran dana atau use of fund, bank mencatat transaksi ini pada Assets yang tentu saja didalamnya terdapat Reserves and cash item, Securities, Loans, and Other assets. Pada tangan kiri ini, bank dapat mengunakan dana yang diterima dari para nasabah untuk meminjamkan kepada masyarakat untuk kredit. Bank juga menggunakan tangan kiri dari dana yang diterima nasabah untuk investasi. Dengan meminjamkan dana kepada masyarakat atau kredit dan investasi maka bank dapat memutarkan dana dari tangan kirinya agar mendapatkan source of fund pada tangan kananya, sehingga bank mendapat keuntungan atau profit berupa bunga yang dikenakan kepada peminjam dan profit dari investasi yang disebut deviden. Bank juga menggunakan tangan kirinya untuk membayar segala biaya yang terjadi pada bank tersebut dan membayar giro wajib minimum kepada Bank Indonesia. Giro wajib minimum atau cadangan wajib minimum adalah sejumlah dana yang harus dipertahankan dalam rekening giro pada bank sentral dalam hal ini ialah Bank Indonesia atau pada bank koresponden dalam bentuk kas. Rekening giro yang merupakan cadangan wajib minimum di bank sentral ini tidak diberikan bunga. Giro wajib minimum terdiri dari cadangan primer dan cadangan sekunder. Presentase cadangan primer ditentukan oleh bank sentral yaitu Bank Indonesia. Bank Indonesia dapat menurunkan presentase tersebut untuk kebijakan relaksasi moneter dan menaikannya untuk kebijakan kontraksi moneter. Sebagai contoh jika Bank Indonesia menetapkan untuk melakukan kebijakan kontraksi maka ini menuntut sebagian dana dari Bank untuk mengalir ke Bank Indonesia, atau dengan kata lain jumlah uang yang beredar di masyarakat akan berkurang yang akan mempengaruhi tingkat suku bunga atau nilai tukar uang.

              Pada tangan kiri bank, umumnya bunga pinjaman kredit bank lebih besar daripada bunga tabungan bank. Secara logika bank tidak mungkin memberikan bunga tabungan lebih besar dari pada bunga pinjaman kredit, karena jika itu terjadi maka bank akan mengalami kerugian dan tidak dapat membayar biaya-biaya yang terjadi pada bank tersebut. Selisih antara bunga tabungan dan bunga pinjaman itu akan menghasilkan profit pada bank yang akan digunakan untuk membayar segala biaya-biaya atau beban-beban yang terjadi pada bank tersebut, membeli aktiva-aktiva produktif, membayar gaji karyawan bank, dan membeli hadiah undian untuk para nasabah.


Kesimpulan

          Jadi dapat dikatakan tangan kanan bank berjabat dengan tangan kiri nasabah yang menabung dan tangan kiri bank berjabat dengan tangan kanan para nasabah yang meminjam dana dan pemilik perusahaan untuk investasi. Singkatnya fungsi bank hanya memutarkan dana dari uang yang diterima dengan yang dipinjamkan untuk mengambil keuntungan dari adanya bunga yang dikenakan. Fungsi bank yang ada di tangan kanan dan tangan kiripun tidak luput dari pengawasan yang sebelumnya dilakukan oleh Bank Indonesia, kini dilakukan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar