:)

:)
WELCOME TO MY BLOG :) HAPPY READING :) I HOPE USEFUL FOR YOU !!! AND PLEASE LEAVE A COMMENT :)

Sabtu, 05 November 2011

Floor Price dan Ceiling Price





Suatu kebijakan pemerintah dalam perekonomian untuk mempengaruhi bekerjanya mekanisme pasar, yang bertujuan mengendalikan keseimbangan (ekuilibrium) pasar

1.       Mengapa Kebijakan Floor Price menyebabkan terjadinya penawaran yang berlebih (surplus supply) ???

Floor price / Harga dasar adalah harga eceran terendah yang ditetapkan oleh pemerintah terhadap suatu barang, yang disebabkan oleh melimpahnya penawaran barang tersebut di pasar. Letak batas floor price ada diatas titik harga pasar (ekuilibirium). Kebijakan harga terendah (floor price), efektif melindungi produsen dari penurunan harga barang sampai tak terhingga sehingga produsen akan menjual barangnya lebih banyak, sedangkan tingkat permintaan oleh konsumen akan menurun karena faktor daya belinya berkurang. Kelebihan penawaran yang terjadi di pasar dapat dibeli oleh pemerintah dengan kualitas yang sudah teruji atau dengan membuat kebijakan yang mempermudah barang tersebut untuk diekspor setelah memenuhi kebutuhan dalam negeri.


2.       Mengapa Kebijakan Ceiling Price menyebabkan terjadinya kekurangan (shortage) ???

Ceiling price / Harga tertinggi adalah harga maksimum yang ditetapkan berkenaan dengan menurunnya penawaran barang di pasar. Pemerintah menerapkan kebijakan ini untuk menetapkan harga jual yang lebih rendah dibandingkan dengan harga pasar (ekuilibirium) yang mengakibatkan kelebihan permintaan (surplus demand).Posisi ceiling price ada dibawah titik keseimbangan pasar (ekuilibirium). Kebijakan harga tertinggi (ceiling price), digunakan untuk melindungi konsumen dari gejolak kenaikan harga tak terhingga. Dampak dari kebijakan ini yaitu pemerintah harus menyediakan barang lebih banyak sesuai dengan jumlah permintaan yang ada di masyarakat karena terdapat kesenjangan antara penawaran dengan permintaan (shortage) dengan cara penambahan barang yang dilakukan dengan memberikan subsidi, impor barang, mengurangi pajak, dll.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar