:)

:)
WELCOME TO MY BLOG :) HAPPY READING :) I HOPE USEFUL FOR YOU !!! AND PLEASE LEAVE A COMMENT :)

Sabtu, 22 Oktober 2011

Kelangkaan dan Hal yang perlu diakomodir dalam ekonomi


1.       Mengapa ada barang yang langka dan tidak langka ?

Masalah pokok ekonomi yang sebenarnya adalah kelangkaan. Kelangkaan itu disebabkan karena sumber daya yang ada terbatas yang diikuti oleh sifat manusia yang tidak pernah puas akan apa yang dia dapatkan. Kelangkaan dapat terjadi karena tidak tersedianya atau berkurangnya barang atau jasa yang dibutuhkan manusia.

Penyebab lain barang atau jasa menjadi langka karena dua hal, yaitu :

* Penyebab alami à kelangkaan barang yang disebabkan oleh faktor alamiah. Contohnya : bencana alam , brang hilang atau rusak sehingga menyebabkan ketersediaan barang berkurang.

* penyebab tidak alami  à terjadi karena perilaku manusia. Hal ini dapat merugikan orang lain dan menjadi penyebab utama kelangkaan. Contohnya : penebangan pohon-pohon hingga tersisa sedikit yang ada di hutan Kalimantan yang terjadi karena keserakahan dan ketakutan akan kelangkaan.

Dalam memperoleh barang atau jasa yang dikategorikan langka, dibutuhkan pengorbanan untuk memperolehnya. Lain halnya dengan barang atau jasa tidak langka. Barang atau jasa dapat dikatakan tidak langka karena tidak dibutuhkan pengorbanan untuk mendapatkannya.

Contohnya saja udara. Udara dapat dikatakan tidak langka karena tidak membutuhkan pengorbanan untuk mendapatkannya. Dimanapun kita bisa mendapatkan udara dengan cara menghirupnya. Adanya udarapun harus diikuti oleh adanya pepohonon, untuk mesirkulasikan udara yang kita butuhkan. Udara menjadi tidak langka karena pemrosesan tidak dilakukan oleh manusia melainkan oleh alam dan tidak akan pernah habis walaupun selalu kita pakai secara terus-menerus.


2.       Apa yang diakomodir dalam ekonomi ?

Ekonomi menjelaskan tiga hal utama yang perlu dikelola , diantaranya sumber daya , kebutuhan, dan pengelolaan. Hal tersebut dikelola untuk memeuhi kebutuhan dan keinginan hingga mencapai kepuasan. Sumber daya adalah sesuatu dalam kehidupan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Sumber daya terdapat dua, sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM). SDA kita sangat terbatas, maka dari itu kita harus memanfaatkan sebaik-baiknya SDA yang kita punya hingga mencapai kepuasan dalam batas normal. Kita dapat melakukannya dengan cara memilah antara kebutuhan dengan keinginan. Kebutuhan itu adalah sesuatu yang harus dipenuhi dengan penuh pengorbanan, misalnya dalam hari ini anda membutuhkan tiga kali makan, kebutuhan tersebut harus anda penuhi bagaimanapun caranya untuk mencapai kepuasan. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang belum pasti akan kita dapatkan dan tidak harus kita penuhi karena hanya sebuah rasa ingin , misalnya bulan depan anda ingin menonton konser di luar negeri sementara dana yang anda miliki tidak mencukupi. Hal tersebut merupakan keinginan karena merupakan sesuatu yang tidak harus kita penuhi. Singkatnya, kebutuhan pasti merupakan keinginan, tetapi keinginan belum tentu termasuk kedalam kebutuhan. Dan yang terakhir adalah pengelolaan , pengelolaan dilakukan untuk mengkoordinir secara baik dan efisien antara sumber daya dengan kebutuhan. Maksutnya ialah, bagaimana caranya agar sumber daya yang terbatas dapat dikelola dengan sebaik-bainya dan efisien untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.


mata kuliah teori ekonomi 1 : Dr. Prihantoro

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar